Rabu, 11 Juni 2014

Aplikasi Chatting Untuk Android dan iPhone

Seiring dengan berkembang pesatnya platform Android, semakin banyak pula bermunculan aplikasi-aplikasi baru di Play Store. Salah satu aplikasi yang memiliki banyak peminatnya yaitu instant messaging. Line, Kakaotalk, WeChat dan WhatsApp adalah beberapa dari sekian banyak aplikasi instant messaging yang sekarang sedang booming. Ditambah lagi dengan hadirnya BBM (BlackBerry Messenger) untuk platform Android dan iOS maka ada semakin banyak pilihan aplikasi untuk chatting yang tersedia.

Untuk membantu Anda memilih aplikasi instant messaging terbaik untuk smartphone Android Anda, berikut kami sajikan ulasan mengenai masing-masing aplikasi, sehingga Anda bisa menentukan aplikasi instant messaging yang mana yang paling bagus. Walau banyak diantara pengguna smartphone yang kadang mempunyai semua aplikasi diatas sekaligus, namun tidak ada salahnya kan membaca ulasan berikut.

Line, Aplikasi instant messaging yang berasal dari Korea Selatan ini merupakan aplikasi lintas platform, yaitu aplikasi yang bisa dijalankan di lebih dari satu platform. Line bisa dijalankan melalui perangkat iOS, Android, BlackBerry serta PC. Line dikenal memiliki stiker-stiker yang lucu yang bisa digunakan oleh user untuk menggambarkan perasaannya. Stiker-stiker lucu inilah yang sebenarnya menjadi daya tarik dari aplikasi yang satu ini.

Aplikasi KakaoTalk juga merupakan aplikasi instant messaging lintas platform yang bisa dijalankan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry. Aplikasi yang berasal dari Korea Selatan ini selain bisa dipakai untuk chat dengan stiker-stiker yang lucu dan juga bisa untuk menelepon gratis berbasis VoIP (Voice Internet Protocol) ke sesama penggguna KakaoTalk, baik ke satu orang atau ke beberapa orang secara bersamaan. Jika melakukan panggilan grup maka kualitas suara yang dihasilkan bergantung pada jumlah yang ikut menelepon dan juga kualitas jaringan internet yang digunakan.

Dibandingkan dengan Line, KakaoTalk tidak memiliki fitur yang lebih sedikit. Misalnya dari segi stiker. Meski KakaoTalk memiliki Item Shop yang menjual stiker yang terinspirasi dari budaya Indonesia, misalnya stiker pocong yang bisa dipakai selama 90 hari secara gratis sebelum memutuskan akan membeli atau tidak, namun stiker di KakaoTalk masih kurang ekspresif dibandingkan Line. Sama seperti Line, apliaksi KakaoTalk ini bisa didownload secara cuma-cuma di App Store.

Aplikasi instant messaging ini dulunya eksklusif hanya milik pengguna smartphone BlackBerry, namun kini sudah bisa diakses oleh pengguna perangkat iOS dan juga Android. Meski termasuk aplikasi namun saat peluncuran perdananya BBM di download lebih dari 10 juta kali dan angka ini terus bertambah setiap harinya.

Di Indonesia sendiri popularitas BlackBerry Messenger (BBM) memang sudah kemana-mana karena banyak sekali pengguna handphone BlackBerry di Indonesia. Sejak bisa diakses oleh handphone Android dan juga iOS maka pengguna BBM di Indonesia juga meningkat secara drastis. Dibandingkan dengan Line maupun KakaoTalk, BBM memiliki keunggulan dalam hal pengiriman pesan atau broadcast yang bisa dilakukan ke semua kontak BBM dan juga video call. Selain itu kelebihan dari BBM ini adalah Anda hanya bisa menambah seseorang ke dalam kontak Anda jika Anda mempunyai nomor PIN orang yang bersangkutan.

Jadi Anda tidak akan menemui orang aneh di dalam kontak Anda. Namun BBM hanya memiliki sedikit emoticon yang bisa dipakai saat chat. Tidak seperti Line atau KakaoTalk yang memiliki stiker yang ekspresif, stiker atau emoticon di BBM masih bisa dibilang stAndar. Selain itu karena BBM identik dengan broadcast, jadi  meskipun aplikasi ini sudah Anda tutup namun sebenarnya aplikasi ini masih berjalan di background dengan terus mengirimkan notifikasi yang akhirnya membuat baterai cepat habis dan juga dp bbm bergerak yang bisa diterapkan pada aplikasi chatting ini. Sama seperti Line dan juga KakaoTalk, BBM juga bisa didownload secara gratis di Play Store.

Ketiga aplikasi ditas memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Aplikasi mana yang terbaik untuk Anda adalah sesuai dengan selera Anda, sehingga tidak bisa dipaksakan. Namun jika Anda memilih untuk menggunakan ketiganya juga tidak masalah. Selamat ber-chat ria!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar